ETIKA MAILING LIST
Tata krama yang baik sangat penting dalam pergaulan
kita dengan sesama.
Milis adalah sebuah forum publik yang diadakan untuk suatu kalangan tertentu dengan tujuan tertentu, dimana semua anggotanya dapat membaca email yang dikirim ke milis tersebut, maka penggunaan tata krama yang baik sangat penting.
Milis adalah sebuah forum publik yang diadakan untuk suatu kalangan tertentu dengan tujuan tertentu, dimana semua anggotanya dapat membaca email yang dikirim ke milis tersebut, maka penggunaan tata krama yang baik sangat penting.
Pada prinsipnya, berikut
ini adalah aturan/etika yang harus difahami oleh anggota milis:
Ø SELALU SOPAN. Jangan pernah mengkritik anggota milis
lain secara terbuka.
Jika ingin mengkritik seseorang, lakukan secara pribadi dengan mengirimkan email khusus kepada yang bersangkutan.
Jika ingin mengkritik seseorang, lakukan secara pribadi dengan mengirimkan email khusus kepada yang bersangkutan.
Ø Jika menanggapi suatu email, pikirkan dulu apakah
jawaban tsb perlu dikirim kepada semua anggota milis, atau cukup kepada anggota
tertentu.
Sebelum mengirimkan jawaban, cek dulu apa alamat yang akan dikirimi sudah benar.
Sebelum mengirimkan jawaban, cek dulu apa alamat yang akan dikirimi sudah benar.
Ø Jika menanggapi
suatu email, kutip bagian-bagian yang relevan saja dari email awal, sehingga
yang dikirimi dengan mudah mengerti jawaban anda.
Ø Anda bebas mengirim email pesan atau pertanyaan ke
milis. Meskipun demikian, jangan mengirimkan pesan yang tidak relevan dengan
tujuan milis.
Terutama janganlah menggunakan milis untuk chatting, atau yang serupa.
Terutama janganlah menggunakan milis untuk chatting, atau yang serupa.
Ø Jangan gunakan milis untuk beriklan komersial. Jika
ingin mengirimkan iklan komersial yang masih ada hubungannya dengan tujuan
milis, kirimkan saja kepada 'owner' milis untuk minta ijin/bantuannya.
Ø Jika mengirimkan pesan baru, jangan lupa tulis
'Subject' yang merupakan judul pesan secara spesifik, singkat dan jelas.
Subject yang jelas sangat membantu para anggota untuk mengikuti perkembangan (pesan awal maupun semua jawaban). Dengan demikian anggota milis dapat mudah membuat pilihan untuk mau membacanya atau tidak.
Subject yang jelas sangat membantu para anggota untuk mengikuti perkembangan (pesan awal maupun semua jawaban). Dengan demikian anggota milis dapat mudah membuat pilihan untuk mau membacanya atau tidak.
Ø Jangan mengirimkan attachment ke milis. Jangan
meng-attach bagian-bagian HTML pada email anda.
Ø Jangan menulis 'data diri pengirim' yang terlalu
panjang.
Ø DILARANG KERAS: memposting konten email yang
berbahaya, ancaman, hinaan/caci maki, menghasut, dan lain-lainnya yang
jelek-jelek.
HIMBAUAN di bawah ini sangat penting untuk ditaati:
Perlu kami sampaikan bahwa pengiriman email via milis
dapat memakan bandwidth jaringan, ruang disk, CPU server-server yg tidak
sedikit, karena email dikirim ke banyak anggota dapat mencapai ratusan s/d
ribuan- secara serentak.Karena itu, pengiriman email ke milis perlu dijaga agar
tidak berlebihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar